Inilah Manfaat MENAKJUBKAN Dari Squalene

Squalene adalah zat organik berupa cairan encer seperti minyak. Akan tetapi ia bukan minyak karena tidak mengandung asam lemak atau gugusan COOH. Squalene oil berwarna semu kuning atau putih bening serta berbau khas. In vitro squalene tidak bisa dibuat atau disentisis. Sekalipun manusia sudah dapat mengembangkan teknologi yang super canggih.

manfaat squalene minyak ikan squavit

Apa Manfaat Dari Squalene?

Minyak hati ikan cucut telah lama digunakan sepanjang sejarah untuk penyembuhan. Karena saat itu mampu menyembuhkan orang orang dari berbagai penyakit seperti luka, gangguan hati, dan masalah pencernaan. Minyak hati ikan cucut telah digunakan sebagai obat di beberapa Negara. Swedia, China, Norwegia, Spanyol, dan Jepang adalah di antara mereka yang telah mempraktekkan penggunaan minyak hati ikan cucut selama ratusan tahun. MENAKJUBKAN bukan??

Komponen utama dari ‘minyak ajaib’ ini adalah asam lemak omega 3, alkylglycerols, dan squalene. Ketiganya diketahui memiliki sifat anti-kanker, tetapi squalene memiliki lebih banyak keunggulan. Dikenal sebagai antioksidan super dengan tidak adanya efek samping, berikut adalah manfaat dari squalene :

Sebagai Perlindungan Kulit

Squalene juga ditemukan dalam hati manusia dan aliran darah, tetapi yang paling melimpah di sekresi sebaceous sebagai lipid yang diproduksi oleh sel-sel kulit kita. Ia bekerja dengan memperkuat struktur kolagen dan menonaktifkan radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari, yang secara efektif melindungi kita dari radiasi UV dan kerusakan oksidatif lainnya.

Dalam kosmetik, squalene dari hati ikan laut pedalaman telah menjadi komponen populer dalam produk perawatan kulit. Anda akan menemukan sebagian besar dalam lotion dan pelembab karena mudah diserap oleh kulit. Squalene sebagai pelumas mengurangi munculnya garis-garis halus dan kulit akan menjadi halus, lembut, dan lebih sehat dari sebelumnya. Squalene juga dikenal untuk mengurangi jerawat.

Sebagai Antioksidan / Sistem Kekebalan Tubuh

Squalene diketahui memiliki anti – jamur, anti – virus, dan anti – bakteri yang secara efektif melindungi kita dari pilek, virus, dan infeksi. Yang juga mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh dengan melindungi sel terhadap stress oksidatif selama fagositosis, yaitu suatu proses dimana sistem kekebalan tubuh menghilangkan bakteri dan sel-sel jaringan yang mati.

Hal ini juga memiliki kemampuan untuk mencegah kerusakan sel untuk menjaga sel-sel sehat dengan peremajaan sel melemah dan mempromosikan pertumbuhan sel. Akibatnya, berbagai organ tubuh dapat berfungsi lebih baik, dan kita menjadi lebih bersemangat.

 

Mencegah Kanker

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, squalene memiliki sifat anti – kanker. Ikan cucut botol / ikan laut pedalaman yang pernah dianggap kebal terhadap kanker, meskipun sudah terbukti baru-baru ini bahwa memang mungkin. Ikan cucut tetap secara signifikan lebih rentan terhadap kanker dibandingkan dengan manusia dan hewan lainnya. Mengapa demikian?

Studi menunjukkan bahwa mungkin tingkat tinggi squalene dalam hati mereka yang mencegah DNA mereka dari memproduksi sel-sel kanker, sehingga melindungi mereka dari kanker dan berbagai penyakit lainnya. Penelitian lain menunjukkan bahwa squalene berhasil mencegah sel-sel kulit tumorous dari pembentukan pada tikus.

Itu belum semuanya. Tidak hanya melawan sel-sel kanker pada tahap awal, rupanya itu mungkin juga memainkan peran penting dalam proses menghancurkan tumor yang ada. Squalene telah ditemukan untuk melindungi sel-sel sehat dari radiasi selama kemoterapi, dan meningkatkan efek dari agen kemoterapi.

Jumlah squalene yang secara alami dapat ditemukan di dalam tubuh kita di usia dua puluhan dan secara bertahap menurun seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini penting untuk mengisi tingkat squalene setiap harinya untuk kesehatan yang optimal saat masih awal. Sumber yang dikenal lainnya dari squalene adalah sayur-sayuran (terutama minyak zaitun), akan tetapi minyak hati ikan cucut botol tetap menjadi sumber yang paling berlimpah squalene hingga kini.

Tetap aman dan tetap sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *