8 Ciri Ciri Penyakit Gula Yang Berbahaya

8 Ciri Ciri Penyakit Gula Yang Berbahaya

8 Ciri Ciri Penyakit Gula Yang Berbahaya

Bagaimana anda bisa tahu bahwa anda memiliki penyakit gula atau sering disebut dengan diabetes? Apakah anda tahu seperti apa ciri ciri penyakit gula itu?

Kebanyakan gejala awal dari diabetes adalah kondisi kadar gula di dalam darah yang lebih tinggi daripada kadar normalnya.

Tanda-tanda peringatan pun begitu ringan sehingga terkadang anda tidak memperhatikannya. Terutama bagi mereka yang terserang penyakit diabetes tipe 2.

Beberapa orang tidak menyadarinya sampai mereka merasakan masalah dan kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh suatu penyakit.

Gejala diabetes tipe 1 biasanya berlangsung dengan cepat, dalam hitungan hari atau beberapa minggu.

Berikut ini 8 ciri ciri penyakit gula yang wajib anda waspadai :

1) Sering merasa lapar dan cepat lelah

Tubuh anda mengubah makanan yang anda makan menjadi glukosa dan menggunakan sel-sel untuk menghasilkan energi. Namun sel sel anda memerlukan insulin untuk membawa dan mengedarkan glukosa ke seluruh tubuh.

Jika tubuh anda tidak dapat membuat cukup insulin atau jika sel-sel anda menolak insulin yang dibuat di dalam tubuh, maka glukosa tidak akan bisa masuk dan anda tidak akan memiliki cukup energy.

Hal inilah yang menyebabkan anda merasa sering lapar dan mudah lelah.

2) Sering buang air kecil dan sering merasa haus

Rata-rata biasanya orang buang air kecil antara 4-7 kali dalam 24 jam, namun orang-orang yang terkena diabetes kemungkinan bisa lebih banyak/sering.

Mengapa?

Biasanya, tubuh anda menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal. Tapi ketika anda terkena diabetes, ini akan mendorong gula darah naik dan tubuh anda mungkin tidak bisa membawa semua glukosa kembali.

Ini menyebabkan produksi urin anda menjadi lebih banyak.

Karena itu anda biasanya lebih sering buang air kecil karena produksi urin berlebih. Karena kehilangan cairan ini jugalah, anda sering merasa haus dan harus minum lebih banyak air.

3) Mulut kering dan kulit gatal

Karena tubuh anda menggunakan cairan untuk memproduksi urin, maka tubuh anda akan kurang kelembapannya. Anda bisa mengalami dehidrasi dan mulut anda mungkin terasa kering.

Dan kulit kering menyebabkan kulit anda gatal.

4) Penglihatan kabur

Perubahan kadar cairan dalam tubuh anda bisa membuat lensa di mata anda membengkak. Ini dapat mengubah bentuk dan kehilangan kemampuan mata untuk focus.

5) Yeast infections (infeksi ragi)

Baik pria maupun wanita dengan diabetes dapat mengalami infeksi ini. Infeksi ini menyerang glukosa dan dapat berkembang.

Infeksi semacam ini terjadi pada kondisi hangat dan terdapat pada lipatan tubuh, termasuk :

  • Antara jari tangan dan kaki
  • Di bawah payudara
  • Di sekitar organ intim

6) Penyembuhan luka yang lambat

Seiring waktu, gula darah tinggi darah tinggi dapat mempengaruhi aliran darah anda dan menyebabkan kerusakan saraf yang membuat tubuh anda sulit untuk menyembuhkan luka.

7) Berat badan turun drastis

Jika tubuh anda tidak bisa mendapatkan energy dari makanan yang anda makan, maka otot dan lemak akan terbakar sebagai ganti energi. Anda mungkin akan kehilangan berat badan meskipun anda tidak mengubah cara makan anda.

8) Mual dan muntah

Ketika tubuh anda membakar lemak, saat itu tubuh anda membuat apa yang dinamakan dengan “keton”. Dalam kadar yang tinggi, ini dapat membahayakan tubuh anda dan mengancam jiwa anda.

Penyakit yang dapat muncul yaitu disebut ketoasidosis diabetikum. Keton ini dapat membuat perut anda terasa sakit.

Jika anda berumur 45 tahun atau lebih dan memiliki resiko terserang penyakit diabetes, maka segeralah periksakan diri. Anda dapat melihat ciri ciri penyakit gula atau diabetes lebih dini untuk menghindari komplikasi penyakit diabetes lain yang dapat muncul.

Semoga bermanfaat dan sehat selalu! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *